5 Langkah Untuk Menjadi Orang Yang Kreatif Lagi

orang-kreatif

Setiap dari kita memiliki ‘tulang kreatif’ dalam tubuh kita, bahkan orang-orang yang bersikeras bahwa mereka tidak kreatif. Satu-satunya masalah adalah bahwa kita jarang menemukan waktu untuk memasuki alam kreativitas kita. Bahkan ketika kita akhirnya membuat keputusan untuk membuat waktu untuk sesuatu yang kreatif, sulit untuk menentukan harus mulai dengan apa. Ada begitu banyak kemungkinan, begitu banyak kelas yang tersedia di setiap komunitas. Apa yang bisa kita mulai?

Berikut adalah 5 langkah untuk menjadi kreatif lagi:

  1. Praktek aliran kesadaran

Buatlah komitmen untuk menghabiskan 15 menit sehari untuk menulis / mengetik segala sesuatu yang terjadi melalui pikiran Anda. Kedengarannya mudah, tetapi sekali Anda mencobanya, Anda akan menemukan bahwa kadang-kadang aliran pikiran tidak tunggal. Mungkin ada 5 aliran pikiran yang mengalir pada saat yang sama. Terserah Anda untuk fokus pada salah satu dari mereka atau untuk beralih bolak-balik antara beberapa dari pikiran tersebut.

Jangan ragu untuk menulis omong kosong atau kalimat ‘kosong’ seperti “pensil saya adalah ungu, saya tidak sabar untuk makan pizza untuk makan siang dan saya tidak tahu mengapa saya mulai menulis ini.” Hal ini bisa diterima. Anda tidak bertujuan untuk menerbitkannya di Kompas atau Detik.com. Ini hanya sebuah latihan yang akan membantu Anda menyetel ke pikiran bahwa Anda memiliki sesuatu di ‘belakang layar’.

  1. Buatlah daftar yang paling menonjol ide / pemikiran yang muncul dalam tulisan Anda.

Hal ini bisa jadi memalukan untuk membaca kembali semua hal yang Anda tuliskan di atas kertas di minggu sebelumnya, tapi ingat bahwa ini adalah HANYA untuk dilihat mata Anda. Tidak ada yang akan pernah melihatnya kecuali Anda, dan sekarang tugas Anda adalah untuk menemukan pola, atau kekurangan, dalam tulisan Anda. Apa tema / topik / ide-ide dalam tulisan Anda yang paling sering muncul? Jika ada yang tidak terlintas lebih dari sekali, perhatikan itu juga. Kemudian buatlah file terpisah dan rekamlah ide-ide / pemikiran lucu, menarik atau aneh, yang Anda temukan,. Dengan kata lain, lihat apa yang tertangkap di mata Anda atau apa yang muncul dalam tulisan Anda lebih dari sekali.

Misalnya, ketika saya melalui latihan ini, saya menyadari bahwa saya menulis tentang emosi saya, kenangan teman-teman dan keluarga. Saya juga melihat bahwa topik yang terkait dengan olahraga dan lukisan/fotografi juga muncul sangat sering.

  1. Pilih 3 ide / topik / kegiatan dari daftar yang Anda buat dan dedikasikan setidaknya 15 menit untuk satu kegiatan ini selama beberapa minggu ke depan.

Ini hanya untuk memastikan bahwa Anda benar-benar menikmati kegiatan / gagasan yang Anda pikirkan. Misalnya, sekali waktu, seorang teman saya berpikir bahwa ‘panggilan baru’ dia adalah tali berjalan. Setelah saya meyakinkannya untuk pergi ke sebuah taman lokal untuk berlatih hanya 15 menit dengan orang yang sering berlatih tali berjalan, ia dengan cepat menyadari bahwa itu bukanlah ‘dia’ hanya karena ia menemukan aktivitas yang berulang. Tentu saja, ini bukan pendapat obyektif, tapi itu pendapat DIA – dan itulah yang penting untuk sebuah kegiatan pemulihan kreativitas. Rangkul selera Anda, kekuatan dan kelemahan adalah kuncinya.

  1. Ambil kelas satu kali atau habiskan sepanjang sore bekerja pada suatu kegiatan / proyek pilihan Anda.

Banyak orang berpikir bahwa segera setelah mereka ‘menemukan’ bakat akan sesuatu – misalnya dalam hal kesenian – mereka harus mengeluarkan uang dan banyak waktu untuk berlatih. Ambil kelas satu kali atau pikirkan proyek kecil yang akan menghabiskan waktu beberapa jam saja.

  1. Tetapkan tujuan yang terukur: siapkan diri untuk memamerkan karya Anda / keterampilan / ide – yang akan memotivasi dan menginspirasi orang lain!

Penjadwalan waktu luang untuk ‘waktu kreatif’ tidak akan bekerja karena ‘waktu kerja’ selalu cenderung menyerang ‘waktu kreatif’. Sebaliknya, pilihlah tujuan yang jelas untuk ke depannya. Apakah komunitas komplek setempat Anda akan menggelar pameran seni kecil-kecilan? Apakah ada klub penulis di daerah Anda? Apakah ada dana kegiatan olahraga yang berjalan di komunitas Anda? Peristiwa kecil ini akan sangat bagus untuk ‘memamerkan’ keterampilan yang Anda peroleh, untuk menyuarakan ide-ide yang sudah Anda pikirkan, dan untuk memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Pidato pertama Anda di komunitas kecil misalnya, mungkin tidak membuat orang lain berkesan, dan Anda mungkin berakhir menjadi yang terakhir di garis finish dari lomba olahraga yang dijalankan, tetapi bekerja menuju tujuan yang terukur jelas akan jauh lebih mudah daripada tanpa henti mencoba untuk membuat kreasi Anda ‘sempurna’. Anda memiliki hidup Anda dan waktu untuk menyempurnakan keterampilan Anda. Jangan malu untuk menampilkan kemajuan Anda yang tidak hanya berfungsi sebagai motivasi untuk Anda, tetapi juga akan menginspirasi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *